Pages

Selasa, 12 Juli 2011

Kuliah Umum Bersama Guru Besar UI


Kuliah Umum Bersama Guru Besar UI
Materi :  Evolusi Teori dan Methodologi Ilmu Komunikasi
Hari/Tanggal :  Rabu,11 Mei 2011
       Kuliah umum yang bertemakan “Trend Terkini Metodologi Penelitian sosial dalam Kajian Critical Discourse Analysis” yang diselenggarakan pada hari rabu,11 mei 2011 pukul 08:30 – selesai di gedung B FISIP Unisma dengan pembicaranya Prof.Dr. Ibnu Hamad M.Si seorang guru besar UI dan didampingi oleh Drs.Syaifuddin M.si selaku moderator.Guru besar UI yang telah memberikan pemetaan evolusi teori dan metotologi ilmu komunikasi yang dihadiri oleh mahasiswa Falultas komunikasi Sastra dan bahasa serta para dosen FKSB.Kuliah umum ini diawali dengan sambutan dari pak Jarot Prianggono selaku dekan FKSB sekaligus membuka kuliah tersebut.
         Teori dan metodologi ini merupakan salah satu materi kuliah ilmu komunikasi yang digunakan mahasiswa dalam melakukan riset atau penelitian dalam kajian ilmu komunikasi.Guru besar UI,Prof.Dr.Ibnu Hamad M.Si memaparkan berbagai teori dan metodologi komunikasi. Teori komunikasi yang di jelaskan beliau diantaranya,teori-teori komunikasi dari tahun 1978 oleh Fisher, sampai pengembangannya pada tahun 2007 oleh Robert Craig yang meliputi 7 tradisi teori komunikasi, diantaranya :

1.   tradisi sosio psikologis
2.   tradisi retorika
3.   tradisi semiotika
4.   tradisi fenomenologi
5.   tradisi sibernetika
6.   tradisi sosio kultural
7.   tradisi kritikal
Beliau juga menjelaskan beberapa metodologi meliputi  :
-          8 metode penelitian kualitatif
-          16 Discurse analysis
-          4 critical discourse analysis    
       “ untuk dapat menguasai ragam teori dan metode tersebut harus dilanjutkan dengan pendalaman melalui buku-buku,jurnal,diskusi,aplikasi riset dll” tutur Prof.Dr.Ibnu Hamad.
            Setelah Guru besar memaparkan materinya,moderator memberikan kesempatan untuk mahasiswa maupun dosen untuk bertanya,beberapa pertanyaan di ajukan oleh para dosen komunikasi maupun sastra dan tidak ketinggalan juga mahasiswanya.kulia umum ini berlangsung dengan baik.suasana yang tadinya hening tiba-tiba dapat di hidupkan kembali oleh Prof.Dr.Ibnu Hamad dengan candaanya sehingga membuat para dosen dan mahasiswa tertawa tapi kuliah umum ini tidak berlangsung lama karena Prof.Dr.Ibnu Hamad harus meninggalkan ruangan karena mempunyai urusan lain. Akhirnya kuliah umum ini ditutup dengan doa dan memberikan sebuah cenderamata dari unisma  untuk guru besar UI dan foto bersama.
selain itu pada kuliah umum ini , para mahasiswa  sangat aktif pada mengikuti seminar ini.
BY : Rachmawati Dwi Rahayu







Tidak ada komentar:

Posting Komentar