Pages

Selasa, 24 Mei 2011

kuliah umum "Metodologi Penelitian Sosial dalam Kajian teori kritis "

                                                              


Rabu (11/05/2011) Fakultas Komunikasi, sastra, dan Bahasa mengadakan Kuliah Umum di Gedung B 102 UNISMA Bekasi. Diisi oleh guru besar komunikasi Universitas Indonesia, Prof. DR. Ibnu Hamad.
Judul dari kuliah umum tersebut adalah "Trend Terkini Metodologi Penelitian Sosial dalam Kajian Critical Discourses Analysis” , kuliah ini di ikuti oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Sastra Inggris UNISMA Bekasi.



Awalnya saya kurang tertarik untuk mengikuti kuliah umum ini, tapi mengingat saya butuh nilai tambahan dari salah satu mata kuliah dan tuntutan tugas dari dosen akhirnya saya mengikuti kuliah umum ini bersama teman-teman, selain karna tuntutan nilai dan tugas, yang membuat saya kurang tertarik dengan kuliah ini adalah saya sama sekali tidak paham, apa yang akan dibahas karna dari judulnya saja yang rumit dari ujung kiri hingga ujung kanan dan saya tidak dapat mengerti makna judul tersebut.
Ketuka saya menanyakan pada salah satu teman, “ini mau bahas apa sih ? “ dan saat itu teman saya, Anisya yang duduk disebelah saya hanya menggelengkan kepalanya menunjukan bahwa ia juga tidak mengerti. “Critical Discourses Analysis” dari bagian judul itu saya hanya dapat menyimpulkan bahwa kuliah umum ini akan membahas tentang teori kritis, namun saya tidak mengerti seperti apa dan bagaimana tentang teori tersebut karena saya belum mendapatkan mata kulaih tersebut.
Namun ketika kuliah umum berjalan sesuai waktu, saya menjadi tertarik pada pengetahuan guru besar ini mengenai dunia komunikasi, kagum akan pengetahuan yang dimiliki beliau sehingga hal itu membuat saya bertanya dalam hati “mampukah saya untuk secerdas itu ?”
Prof Ibnu Hamad hanya menyampaikan paparan metode-metode penelitan yang terkini. Beliau menjelaskan tentang evolusi teori-teori komunikasi dari tahun 1978 oleh Fisher, sampai pengembangannya pada tahun 2007 oleh Robert Craig. Pembelajaran terebut meliputi :
• Tradisi Sosio-psikologis
• Tradisi Cybernetic
• Tradisi Rhetorikal
• Tradisi Semiotika
• Tradisi Sosio-Kultural
• Tradisi Kritikal
• Tradisi Fenomenologi
Beliau menjelakan satu per satu mengenai tujuh tradisi tersebut beserta contohnya masing-masing. Dalam kuliah umum itu, beliau juga menjelaskan sedikit tentang delapan Metode Penelitian Kualitatif, namun beliau tidak banyak menjelaskan tentang Critical Discourses Analysis mungkin karena waktunya yang tidak cukup jika dijelaskan secara detail. Dalam kuliah umum tersebut juga terjadi diskusi antara Prof Ibnu Hamad dengan beberapa dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, Sastra, dan Bahasa.
Dalam kuliah umum itu Prof. Ibnu Hamad sempat berkata “untuk lebih jelas mempelajari mengenai ini silahkan baca buku saya ‘Komunikasi Sebagai Wacana’ yang sekarang sudah ada di toko buku “ memang agak konyol karna Prof Ibnu Hamad mempromosikan bukunya dengan nada bercanda.
Waktu menunjukan pukul 11.30 WIB dan kuliah umum ini pun selesai., padahal saya yakin masih banyak pertanyaan yang ingin didiskusikan oleh para dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, Sastra, dan Bahasa. Dan semoga kuliah umum ini dapat bermanfaat bagi yang mengikutinya terutama bagi mahasiswa agar mampu mengaplikasikan teori-teori terebut dengan baik.






oleh : Danik Isnawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar