Pages

Selasa, 24 Mei 2011

Kuliah Umum 
Fakultas komunikasi, sastra, dan bahasa (FKSB)
Evolusi Teori dan Methodologi Ilmu Komunikasi

pemberian kenang-kenangan dari dekan FKSB kepada Pembicara


Pada 11 Mei 2011, Fakultas Komunikasi, Sastra, dan Bahasa (FKSB) Unisma Bekasi telah menyelenggarakan perkuliahan umum untuk seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi dan dua kelas dari jurusan Sastra Inggris. Kuliah ini diselenggarakan di gedung B 102. mulai dari pukul 09.00-11.00.
Pembicara dalam pekuliahan umum ini adalah bapak Ibnu Hamad. Beliau merupakan salah satu guru besar UI (Universitas Indonesia) yang berada dalam bidang Ilmu Komunikasi.

Jumlah seluruh peserta sekitar 100 mahasiswa., selain itu, dekan FKSB, bapak Jarot Prianggono, M. Kom., kepala jurusan Ilmu komunikasi Ibu Tatik yuniarti, S.Sos kepala jurusan Sastra Inggris Bapak Endang S. Priyatna, S.S dan beberapa dosen dari kedua jurusan ini pun ikut hadir.

suasana ketika kuliah umum berlangsung
Beberapa mahasiswa merasa senang dengan adanya kuliah umum ini. pembicara yang interaktif dan sering berbagi cerita, membuat para mahasiswa tidak jenuh mengikuti kegiatan ini. Selain itu, dia pun sering membuat candaan diselang materi yang ia berikan. Namun, memang hanya sedikit mahasiswa yang paham dengan materi ini. bagi mahasiswa yang baru semester dua, mereka hanya menerima apa yang disampaikan tanpa menguasai betul-betul materi tersebut. Lain hal dengan mahasiswa yang sudah semester atas. materi yang disampaikan, sebelumnya sudah pernah disinggung di kelas. sehingga, dengan adannya perkuliahan itu, menjadikan mereka menginggat kembali materi tersebut.

Menurut salah satu dosen Ilmu Komunikasi, kedatangan guru besar tersebut, jarang terjadi. Sehingga, mahasiswa FKSB harus bersyukur dengan terselenggarakannya kegiatan ini. Tidak heran seluruh makasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini. 

Pada awalnya, pihak panitia meminta pembicara untuk memberikan materi dengan tema Critical Discourse analysis (CDA). Namun, menurut beliau materi tersebut belum dapat untuk disampaikan, sebelum mahasiswa mengetahui tentang Metode penelitian. Sehingga, beliau menggunakan tema Evolusi Teori dan Methodologi Ilmu Komunikasi.

Materi yang beliau sampaikan benar-benar masih umum. Oleh karena itu, beliau berharap bahwa dosen akan melanjutkan materi ini di kelas. “Presentasi ini hanya menunjukkan peta ilmu komunikasi dalam teori dan metode” tuturnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar